Hasil Akhir Persib VS Makasar United 5-1

INILAH.COM, Bandung – Bermaterikan pemain berkualitas, Persib langsung menggebrak sejak menit awal dan langsung mendominasi permainan. Beberapa upaya pun dibangun Atep dan kawan-kawan, meski masih kandas di barisan pertahanan Makassar United.

Namun, Maung Bandung baru berhasil memimpin di akhir pertandingan, melalui dua gol Herman Dzumafo Epandi melalui tendangan penalti di menit 40 dan 45+.

Hukuman penalti pertama diberikan wasit Novari Iksan, setelah Tony Sucipto dilanggar bek MU Fuad di kotak terlarang. Kejadian ini bermula dari umpan lambung yang dilakukan George Parfait Mbida Messi kepada Tony.

Pemain bernomor punggung 16 ini mencoba mengecoh lawan, hingga akhirnya dijatuhkan bek lawan. Atas gol ini, Persib berhasil mengungguli MU 1-0.

Sedangkan penalti kedua terjadi, setelah Muhammad Ridwan dilanggar keras yang dilakukan Achmad Hisyam. Tak hanya diganjar penalti, MU pun terpaksa kehilangan satu pemainnya akibat tekel keras tersebut. Kembali ditunjuk sebagai eksekutor, Dzumafo sukses menjalani tugasnya dengan baik.

Hampir sama dengan eksekusi pertama, Dzumafo kembali melepas tendangan ke pojok kiri gawang. Namun kali ini dapat terbaca oleh Guntur, meski bola tetap meluncur deras ke dalam gawangnya.

Skor pun berubah 2-0, untuk keunggulan Maung Bandung dalam perebutan tiket final turnamen Celebes Cup II di Stadion Siliwangi, Sabtu (3/11/2012) malam.

Mengenai jalannya pertandingan, kehadiran tiga mantan pemain pemain Sriwijaya FC musim lalu, Firman Utina, Supardi, dan Muhammad Ridwan terlihat sangat berpengaruh pada permainan Maung Bandung. Bergerak dari sektor kanan, serangan pun tampak begitu mengalir dari sisi tersebut.

Namun upaya yang dilakukan, masih belum mampu menciptakan angka hingga pertengahan babak pertama. Solidnya pertahanan yang dibuat Marwal Iskandar dan kawan-kawan belum mampu ditembus barisan penyerang Persib yang mengandalkan Dzumafo sendirian di depan, dengan ditopang Firman, Atep, dan Messi.

Seperti mesin diesel, perlahan MU pun mulai bangkit. Giliran Persib yang dikurung oleh tim besutan Yusrifar Djafar ini. Beberapa kali serangan membahayakan dilakukan barisan depan dan bahkan memaksa kiper utama Persib, I Made Wirawan jatuh bangun untuk mengamankan gawangnya.

Memasuki menit ke 21, Persib hampir saja menciptakan keunggulan. Berawal dari sisi kiri, Dzumafo melepas umpan silang mendatar dan langsung disambar Firman, lalu memberikan bola kepada Messi. Tanpa ampun pemain asal Kamerun tersebut langsung melepas tendangan first time kaki kiri dan masih mampu di blok kiper MU, AM Guntur. Bola muntah hasil sepakannya pun kembali didapat Messi, namun kali ini tendangan setengah terbang yang dilakukannya masih membentur mistar gawang MU.

Meski gagal, anak-anak Maung Bandung ogah menyerah. Serangan pun kembali dilakukan melalui sayap kanan, yang memang begitu aktif membongkar pertahanan lawan.

Peluang pun kembali didapat Persib di menit 28. Berawal dari umpan terobosan yang dilepas Dzumafo, Ridwan pun melesat jauh ke depan untuk mengoptimalkan peluang tersebut. Tetapi tendangannya masih jauh melenceng di sisi kiri kiper MU, Guntur.

Tak lama berselang, kali ini giliran Atep yang berpeluang menciptakan gol andai tendangannya tidak melambung di atas mistar gawang MU.

Memasuki menit 40, Persib akhirnya memecah kebuntuan melalui eksekusi penalti yang dilakukan Dzumafo. Dengan tenang pemain asal Kamerun tersebut melepaskan tendangan kaki kanan ke pojok kiri gawang. Mati langkah, Guntur pun terpana melihat bola meluncur deras ke gawangnya.

Namun hingga peluit panjang dibunyikan wasit Novari Iksan pertanda turun minum, skor kacamata pun tak berubah bagi kedua kubu.

Dalam babak pertama ini, satu kartu kuning yang sudah dikeluarkan wasit kepada dua pemain MU, Rodrigo Santana di menit 15 akibat melanggar Supardi dan Edgar di menit 30, karena menjatuhkan Firman.

Full time PERSIB 5-1 Makassar United | Dzumafo (pen) 40′, (pen) 47′, 90, Atep 80′, Ridwan 89′

Headline Babak Kedua :
46′ serangan dari #PERSIB melalui Ridwan menghasilkan tendangan pojok, tendangan pojok Firman msh bisa ditangkap oleh kiper MU
49′ serangan dari MU, tendangan pemain MU msh lemah dan bisa diantisipasi oleh Made
52′ serangan cepat dari #PERSIB kembali menghasilkan tendangan sudut

57′ kembali serangan cepat dari #PERSIB umpan silang Ridwan msh belum bisa digapai oleh pemain2 #PERSIB lainnya
58′ tendangan jarak jauh Asri Akbar msh melambung di atas gawang MU, kiper MU mengalami kram di kaki, skr msh ditangani oleh tim medis
63′ tendangan jarak jauh dari Pugliara msh melambung jauh di atas gawang #PERSIB, kembali tendangan jarak jauh dilakukan pemain MU, kali ini dilakukan oleh Marwal namun msh menyampin di sisi kanan gawang Made
65′ Kenji mendapat kartu kuning, setelah melanggar Pugliara
70′ pelanggaran dilakukan oleh Maman thd Pugliara, tendangan bebas utk MU di depan kotak pinalti #PERSIB, tendangan bebas Santana msh bisa ditip oleh Made, tendanan sudut utk MU
80′ GOOL.. Atep berhasil mencetak gol menyambut umpan silang mendatar dari Dzumafo, 3-0 utk #PERSIB
82′ peluang utk MU, melalui santana, wasit melihat Santana dijatuhkan oleh Made, pinalti utk MU. Edgar berhasil mencetak gol melalui titih putih, #PERSIB 3-1 MU
89′ GOL!!! Ridwan berhasil mencetak gol utk #PERSIB, hasil dari umpan terobosan Firman, 4-1 utk #PERSIB
90′ GOL!!! Dzumafo berhasil lolos dari jebakan offside, dan mengecoh kiper MU, 5-1 utk #PERSIB

PERSIB akan menghadapi Sriwijaya FC di final Celebes Cup II, Minggu (4/11) Sore.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s