PERSIB jangan Terlena Dengan Kemenangan,Akhirnya lupa diri

INILAH.COM, Bandung – Serangkaian program latihan, untuk menghadapi kompetisi Indonesian Super League (ISL) 2013, sudah dijalani Persib Bandung agar tampil optimal ketika liga bergulir 5 Januari mendatang.

Dimulai dengan tes fisik seperti cross country, dijalani dengan baik oleh skuad besutan Pelatih Djadjang Nurdjaman, demi meningkatkan stamina para pemain agar mampu bermain penuh selama 90 menit.

Setelah program tersebut usai, program uji coba pun dilakukan. Dalam rentang dua bulan, para penggawa ‘Pangeran Biru’ sudah menjalani enam uji coba untuk mengukur kekuatan tim hingga sejauh mana tingkat keberhasilannya. Terakhir, training center (TC) di Kabupaten Ciamis pun digelar untuk memperbaiki kekurangan tim, agar lebih optimal.

Tak sampai di situ. Dalam waktu dekat, dua turnamen pra musim yakni Celebes Cup II dan Inter Island Cup sudah menanti skuad besutan Djanur (sapaan Djadjang Nurdjaman), sebelum menghadapi persaingan kompetisi ISL yang pasti lebih ketat.

Bek andalan Persib, Maman Abdurahman mengatakan saat ini timnya sedang menjalani proses untuk masuk ke dalam fase juara.

Bagaimana tidak, dia menilai berbagai kekurangan perlahan sudah dibenahi, melalui evaluasi yang diberikan Djanur (sapaan Djadjang Nurdjaman) agar timnya semakin matang untuk menghadapi kompetisi yang bergulir 5 Januari nanti.

“Selama TC, kita sedikit demi sedikit sudah mendapat apa yang kita butuhkan. Kerjasama tim sudah ada. Walaupun TC cuma satu minggu, tapi ada beberapa hal penting sudah kita lakukan seperti disiplin di luar lapangan. Memang semuanya butuh proses, untuk mematangkan tim sampai menjadi bagus,” ujar Maman saat dihubungi INILAH, Senin (22/10/2012) malam.

“Kita sedang melakukan langkah di tahap itu. Memang harus diakui, semua tim yang menuju sukses, harus melalui proses. Contohnya kita harus bisa merasakan kekalahan, karena ada hal positifnya. Kita jadi tahu kelemahan kita dan belajar lebih banyak, agar lebih baik,” imbuhnya.

Lanjut Maman, yang terpenting saat ini timnya sudah mendapat atmosfer pertandingan, dari enam laga uji coba yang dijalani . Sehingga rasa ‘demam panggung’ pun sudah terkikis melalui serangkaian program yang sudah dijalani. Tak hanya itu, kekompakan dan komunikasi antar pemain pun perlahan sudah berjalan dengan baik.

“Yang pasti, atmosfer pertandingan sudah kita dapatkan dari uji coba kemarin. Selain itu, komunikasi di lapangan dan kekompakan sudah mulai ada. Tapi balik lagi, semuanya butuh proses. Menang atau kalah, di uji coba itu hal kedua. Yang penting kan tim bisa lebih baik di kompetisi. Jangan sampai kita menang terus, jadi lupa diri dan besar kepala dan nanti di kompetisi justru hancur. Saya rasa, banyak hal positif yang sudah kita dapat dari uji coba dan berbagai persiapan yang sudah kita lakukan,” ucapnya.

Pemain bernomor punggung 5 ini pun berharap, dalam waktu dekat situasi dan kondisi tim dapat semakin bagus, sehingga dapat tampil maksimal dalam kompetisi ISL nanti.

“Mudah-mudahan, dengan waktu kompetisi yang cukup lama, bisa kita manfaatkan untuk terus mematangkan tim. Saya harap, sebelum kompetisi mulai, kondisi tim kita sudah semakin siap dan tidak ada kendala lagi. Apalagi di awal kompetisi, bisa dikatakan cukup menentukan kita untuk melewatinya sampai selesai dengan hasil baik,” tandasnya

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s